Friday, December 6, 2019

Pengertian Ideologi Secara Umum Dan Berdasarkan Ahli

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli- Dalam sebuah negara niscaya selalu berpedoman pada ideologi. Di dingklik sekolahpum para siswa juga diajarkan mengenai pengertian ideologi, baik secara umum maupun berdasarkan para ahli. Lalu apa itu ideologi? Apa pengertian dari ideologi? Sebenarnya pengertian ideologi mempunyai banyak makna alasannya sanggup berupa pendapat para hebat maupun berasal dari beberapa sumber. Namun semua sumber tadi sanggup disimpulkan menjadi pengertian ideologi sesungguhnya. Lalu apa sih ideologi itu? Pengertian ideologi secara umum yaitu sekumpulan ide, gagasan, iktikad dan keyakinan yang mempunyai sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang sanggup dicapai melalui kehidupan nasional berbangsa dan bernegara.
Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli
Ideologi berdasarkan istilah bahasa Inggris yaitu "idea" yang artinya konsep, cita cita, pengertian dasar, gagasan dan kata "logi" mempunyai istilah Yunani yaitu logos yang berarti pengetahuan aau ilmu. Pengertian ideologi secara harfiah yaitu sebuah pengetahuan mengenai gagasan, ilham ide, pengertian dasar ataupun science of ideas. Pada kesempatan kali ini aku akan menjelaskan lebih lengkap mengenai pengertian ideologi. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak dibawah ini.

Pengertian Ideologi Secara Umum dan Menurut Ahli

Menurut bahasa Yunani, kata ideologi berarti "Idein" yang artinya melihat atau "Idea" yang artinya perawakan, buah pikiran, raut muka, gagasan, logika atau ajaran. Kemudian kata "Logos" yang artinya ilmu. Secara umum pengertian ideologi yaitu sekumpulan ide, gagasan, iktikad dan keyakinan yang mempunyai sifat sistematis dengan tujuan dan arah yang sanggup dicapai melalui banyak sekali bidang kehidupan. Bidang tersebut mencakup bidang politik (keamanan, aturan dan pertahanan), bidang kebudayaan, bidang sosial dan bidang keagamaan. 
Pada tahun 1796 terdapat filsuf Perancis yang berjulukan Destutt de Tracy berhasil menemukan istilah ideologi pertama kali. Namun pengertian ideologi tersebut menjelaskan wacana bidang otonom yang menganalisis secara ilmiah mengenai cara berpikir manusia. Namun istilah otonom secara luas berarti metafisika ataupun ilham wacana sains. Ideologi tersebut diduga sanggup menjadi visi yang bersifat komprehensif, cara pandang sesuatu, daypikir dari banyak sekali kecenderungan filosofis, ataupun sekumpulan ilham berdasarkan pendapat masyarakat mayoritas bagi semua anggota masyarakat.

Ideologi tersebut sanggup sebagai dasar keyakinan dalam penyembunyian kontradisksi internal. Yang maksudnya dalam sebuah ideologi niscaya menyembunyikan sebuah pertentangan yang terdapar dalam ajarannya. Contohnya, dalam demokrasi liberal terdapat anutan yang mempunyai kelemahan yang bersifat merugikan sesama insan dalam pinjaman kesempatan untuk lebih berkembang. Manusia yang dianggap gagal yaitu orang orang yang tidak bisa mencapai kesuksesan dan bukan dikarenakan pertentangan yang terdapat dalam sistem ekonomi tersebut. Sebenarnya pengertian ideologi juga sanggup dikemukakan berdasarkan para ahli.

Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Dibawah ini terdapat beberapa pengertian ideologi berdasarkan para ahli. Berikut penjelasannya:

1. Pengertian ideologi berdasarkan Francis Bacon ialah sebuah sintesan pemikiran dasar dalam sebuah konsep kehidupan.

2. Pengertian ideologi berdasarkan Gunawan Setiardjo ialah sekumpulan gagasan, ide, aqidah 'aqliyyah atau iktikad melalui proses berpikir yang membuat aturan dalam kehidupan.

3. Pengertian ideologi berdasarkan Taqiyuddin An-Nabhani Mabda’ ialah sebuah aqidah 'aqliyyah yang membuat kehidupan. Aqidah tersebut mempunyai makna yang luas yaitu keseluruhan pemikiran mengenai manusia, hidup dan alam semesta, baik sebelum maupun setelah kehidupan. Selain itu terdapat kaitannya dengan Zat yang telah membuat kita sebelum dan setelah menjalani kehidupan di dunia ini. Selain itu terdapat istilah Mabda' yaitu sebuah ilham yang fundamental secara keseluruhan wacana manusia, hidup dan alam semesta, baik secara fikrah maupun thariqah.
4. Pengertian ideologi berdasarkan Destutt de Tracy yaitu pembelajaran wacana pemikiran atau ilham ide tertentu.

5. Pengertian ideologi berdasarkan Descartes ialah dasar dari seluruh pemikiran manusia.

6. Pengertian ideologi menurut Napoleon ialah semua pemikiran politik yang berasal dari semua rivalnya. 

7. Pengertian ideologi berdasarkan Machiavelli ialah suatu sistem yang melindungi kekuasaan yang dimiliki penguasa.

8. Pengertian ideologi berdasarkan Karl Marx ialah alat yang dipakai dalam mencapai kesejahteraan dan kesetaraan yang sama dalam masyarakat.

9. Pengertian ideologi menurut Thomas H. ialah sebuah cara dalam melindungi kekuasan pemerintah dalam mengatur rakyat dan tetap sanggup bertahan.

10. Pengertian ideologi berdasarkan Dr. Hafidh Shaleh ialah suatu pemikiran ataupun ilham yang berupa aqidah aqliyah maupun konsep rasional. Hal ini mengandung solusi maupun iktikad dalam menuntaskan problem kehidupan manusia. Pemikiran tersebut mempunyai metode yang aktual, mempertahankan, dan menyebar di seluruh dunia. 

Demikianlah klarifikasi mengenai pengertian ideologi baik secara umum maupun berdasarkan para ahli. Secara garis besar ideologi yaitu sekumpulan ide, gagasan dan keyakinan yang dipakai untuk mencapai kehidupan diberbagai bidang. Semoga artikel ini sanggup menambah ilmu anda. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment