Tim (Team). Tim ialah sekelompok orang yang saling berafiliasi atau bekerja sama untuk tujuan yang sama. Dalam Tim setiap orang mempunyai tugas yang mana dalam kiprah tersebut terdapat subtugas yang saling terkait.
Tim |
Menurut Naresh Jain (2009). Tim mempunyai anggota dengan keterampilan yang saling melengkapi dan menghasilkan sinergi melalui upaya yang terkoordinasi yang memungkinkan setiap anggota untuk memaksimalkan kekuatan mereka dan meminimalkan kelemahan mereka.
Anggota tim perlu mencar ilmu bagaimana untuk saling membantu, menyadari potensi sejati mereka, dan membuat lingkungan yang memungkinkan setiap orang untuk melampaui keterbatasan nya.
Kategori Tim
Executive teamSebuah tim administrator ialah tim administrasi yang membuat rencana untuk acara dan kemudian mengarahkan acara tersebut (Devine, 2002). Contoh dari tim administrator akan menjadi tim konstruksi merancang Kerangka Kerja untuk sebuah bangunan baru, dan kemudian membimbing pembangunan gedung memakai Kerangka Kerja tersebut.
Command team (tim perintah)
Tujuan dari tim perintah untuk menggabungkan isyarat dan mengkoordinasikan tindakan di antara manajemen. Dengan kata lain, tim perintah berfungsi sebagai "Penengah" dalam kiprah (Devine, 2002). Misalnya, beberapa utusan konstruksi, memberikan isyarat dari tim administrator untuk pembangunan sesuai dengan isyarat dari tim komando.
Project teams (tim Proyek)
Sebuah tim yang dipakai hanya untuk jangka waktu tertentu, yang lebih dikenal sebagai tim proyek. Kategori ini meliputi tim negosiasi, komisi dan tim desain subtipe. Secara umum, jenis tim yang multi-talented dan terdiri dari individu-individu dengan keahlian dalam banyak sekali bidang. Anggota tim ini mungkin milik kelompok yang berbeda, tetapi mendapatkan kiprah untuk acara untuk proyek yang sama, sehingga memungkinkan orang luar untuk melihat mereka sebagai satu kesatuan. Dengan cara ini, menyiapkan sebuah tim diduga memfasilitasi penciptaan, pelacakan dan kiprah dari sekelompok orang menurut proyek di tangan.
Advisory teams (Tim Penasehat)
Tim Penasehat memperlihatkan saran wacana suatu hasil final (Devine, 2002). Misalnya, kelompok kontrol kualitas pada jalur perakitan akan menjadi rujukan dari sebuah tim penasehat: mereka akan menyidik produk yang dihasilkan dan membuat saran wacana bagaimana meningkatkan kualitas barang yang dibuat.
Work teams (Tim Kerja)
Tim kerja bertanggung jawab atas tindakan yang sesungguhnya membuat produk dan jasa (Devine, 2002). Para pekerja yang sesungguhnya pada jalur perakitan akan menjadi rujukan dari tim produksi, sedangkan pelayan dan pelayan di restoran akan menjadi rujukan dari tim layanan.
Action teams
Tim Action ialah tim yang sangat khusus dan terkoordinasi yang tindakannya sangat terfokus Untuk menghasilkan produk atau jasa (Devine, 2002). Sebuah tim sepak bola NFL akan menjadi rujukan dari sebuah tim aksi. Contoh lain ialah militer, paramedis, dan transportasi (kru Eg. Flight di pesawat terbang).
Sports teams (tim olahraga)
Sebuah tim olahraga ialah sekelompok orang yang bermain olahraga Secara Tim. Anggotanya meliputi semua pemain (bahkan mereka yang sedang menunggu giliran untuk bermain) serta anggota pendukung menyerupai manajer tim atau pelatih.
Virtual teams
Perkembangan teknologi komunikasi telah melihat munculnya tim kerja virtual. tim virtual ialah sekelompok orang yang bekerja interdependently dan dengan tujuan bersama di ruang, waktu, dan batas-batas organisasi memakai teknologi untuk berkomunikasi dan berkolaborasi. Virtual anggota tim sanggup ditemukan di suatu negara atau di seluruh dunia, jarang bertemu tatap muka, dan termasuk anggota dari budaya yang berbeda.
Sumber
wikipedia.org
No comments:
Post a Comment