Sunday, August 25, 2019

Pengertian Umum Konduksi, Konveksi Dan Radiasi

Secara umum Pengertian Konveksi adalah perpindahan kalor dengan zat penghantar disertai dengan adanya perpindahan bagian-bagian zat itu dan Pengertian Konduksi ialah perpindahan kalor dengan zat penghantar yang tanpa disertai perpindahan bagian-bagian zat itu. Sedangkan Pengertian Radiasi ialah perpindahan kalor tanpa membutuhkan zat perantara. 

Konveksi 
Umumnya zat penghantar yang dipakai ialah berupa zat cair dan gas. Kalor yang berpindah sebab adanya anutan zat dipanaskan merupakan akhir dari perbedaan massa jenis atau berat jenis. Massa jenis potongan yang dipanaskan lebih kecil dibandingkan dengan massa jenis potongan yang tidak dipanaskan. Contoh Konveksi ialah memanaskan air memakai panci hingga mendidih. Peristiwa sehari-hari yang berafiliasi dengan konveksi kalor ialah terjadinya angin darat dan angin kalor.

Konduksi 
Perpindahan kalor dengan memakai cara konduksi, umumnya terjadi pada zat padat. Zat yang sanggup menghantarkan kalor dengan tepat disebut dengan konduktor, contohnya pada aneka macam jenis logam. Sedangkan penghantar logam yang jelek disebut dengan isolator yang terdiri dari benda-benda non logam. Contoh Konduksi ialah memanaskan sebatang besi dengan api. Jika salah satu ujung dipanaskan dan ujung yang satunya dipegang, maka semakin usang ujung yang dipegang akan semakin panas. Jadi, sanggup dikatakan bahwa kalor (panas) sanggup berpindah dari ujung yang satu ke ujung yang dipegang jikalau dipanaskan. 

Radiasi
Pancaran kalor yang hanya terjadi di dalam gas atau pada ruang hampa, ibarat penghantaran panas matahari ke bumi dengan ruang hampa udara. Untuk mengetahui adanya pancaran kalor, alat yang dipakai ialah termoskop. Termoskop diferensial dipakai dalam menyidik sifat pancaran diberbagai permukaan. Contoh Radiasi ialah perpindahan panas dari cahaya matahari ke bumi. Radiasi kalor sanggup terjadi jikalau lampu pijar listrik sedang menyala dan api unggun sedang menyala. Dimana disaat kita berada di bersahabat api unggun, badan akan merasa hangat, hal ini terjadi sebab terdapat radiasi kalor yang dipancarkan api unggun.


Demikian artikel singkat tentang Pengertian Konduksi, Konveksi dan Radiasi. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 

No comments:

Post a Comment