Saturday, August 24, 2019

Penyebab Dan Efek Globalisasi Serta Pengertian Umum Globalisasi

Menurut pendapat para ahli dalam membahas pengertian globalisasi, penyebab globalisasi dan dampak globalisasi dengan definisi yang berbeda beda. Secara umum, Pengertian Globalisasi yaitu suatu proses yang terkenal diseluruh dunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Setiap individu sanggup terhubung oleh siapa saja yang ada dibelahan bumi ini dan terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik yang mendunia. Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata "Global" berarti terkenal diseluruh dunia sedangkan "Lization" berarti proses. Sehingga dalam Pengertian Globalisasi berdasarkan Bahasa yaitu suatu proses yang mendunia. Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi menciptakan suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan fasilitas dalam berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran informasi,  dan gaya hidup maupun dengan bentuk-bentuk interaksi lainnya. 

Pengertian Globalisasi Menurut Definisi Para Ahli
Pengertian globalisasi berdasarkan definisi Achmad Suparman yang menyampaikan bahwa pengertian globalisasi yaitu suatu proses yang mengakibatkan sesuatu benda atau sikap sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah. Pengertian Globalisasi berdasarkan definisi Anthony Giddens menyampaikan bahwa globalisasi yaitu intensifikasi kekerabatan sosial secara terkenal diseluruh dunia sehingga menghubungkan antara insiden yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menimbulkan terjadinya perubahan pada keduanya. Menurut definisi Selo Soemardjan, Pengertian globalisasi yaitu sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama. Pengertian Globalisasi berdasarkan Laurence E. Rothernberg yaitu percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda. Pengertian Globalisasi berdasarkan definisi Emanuel Ritcher menyampaikan bahwa pengertian globalisasi yaitu suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia. Pengertian Globalisasi berdasarkan definisi Martin Albrow yaitu seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.


Faktor Penyebab Terjadinya Globalisasi
Globalisasi muncul lantaran adanya bangsa-bangsa. Masalah Globalisasi merupakan suatu ketergantungan dalam duduk kasus sosial, politik, ekonomi, dan budaya antarbangsa di dunia. Globalisasi terbentuk lantaran beberapa faktor, yaitu :
  1. Kebijakan negara untuk berafiliasi dan menjalin kolaborasi dengan negara lain.
  2. Sistem ekonomi internasional
  3. Adanya migrasi penduduk ke banyak sekali negara
  4. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi
  5. Berkembang pesatnya perusahaan-perusahaan transnasional
Penyebab Globalisasi
Ada beberapa faktor-faktor yang menimbulkan terjadinya globalisasi. Faktor-faktor penyebab terjadinya globalisasi yaitu sebagai berikut... 
  • Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa pengeriman barang keluar negeri. 
  • Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan menjamin fasilitas dalam transaksi ekonomi antar negara.
  • Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat. 
Penyebab meningkatnya globalisasi ada tiga faktor, yaitu:
a.Adanya Perubahan Politik Dunia
Menurut Anthony Giddens, ada sejumlah efek politik yang memengaruhi meningkatnya globalisasi. Yaitu:
  1. Bubarnya Uni Soviet tahun 1991 dan Jatuhnya Komunisme Model Soviet.Sejak bubarnya Uni Soviet, negara-negara bekas blok Soviet menyerupai Rusia, Polandia, Republik Ceko, dan lain-lain bergerak mengikuti sistem politik dan ekonomi Barat.
  2. Munculnya Mekanisme Pemerintahan Internasional dan Regional Mekanisme pemerintah internasional dan regional contohnya PBB dan Uni Eropa.
  3. Munculnya Organisasi Antarpemerintah (Intergovernmental Organizations/IGOs) dan Organisasi Non-pemerintah Internasional (Internasional Non-Governmental Organizations/INGOs) Organisasi-organisasi internasional ini mendorong terjadinya komunikasi dan interaksi antarpemerintah atau masyarakat antarnegara. Hal ini juga mendorong meningkatnya globalisasi
b.Adanya Aliran Informasi yang cepat dan luas
Kemajuan pesat di bidang teknologi informasi dan komunikasi mendorong tiap-tiap individu bisa berafiliasi dengan cepat. Selain itu, kemajuan di bidang teknologi juga menbuat individu sanggup mengakses informasi dengan cepat, baik informasi dari dalam negeri maupun luar negeri
c.Berkembang Pesatnya Perusahaan-Perusahaan Transnasional.
Perusahaan transnasional atau transnational corporations (TNCs) yaitu perusahaan yang memproduksi barang atau jasa di lebih dari satu negara.

Dampak Globalisasi
Dalam terjadi dan berlangsungnya globalisasi ada dampak yang ditimbulkan dari kurun globalisasi. Dampak globalisasi terbagi dua yaitu dampak kasatmata globalisasi dan dampak negatif globalisasi. Dampak kasatmata dan dampak negatif globalisasi yaitu sebagai berikut...

a. Dampak Positif Globalisasi 
  • Komunikasi yang semakin cepat dan mudah 
  • Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat
  • Mudahnya mendapat informasi dan ilmu pengetahuan. 
  • Tingkat pembangun yang semakin tinggi
  • Meningkatnya turisme dan pariwisata
  • Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien 
b. Dampak Negatif Globalisasi
Globalisasi merupakan keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar insan di seluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Dampak Negatif Globalisasi

Sebelum membahasnya lebih lanjut dan luas bagaimana dampak negatif globalisasi dan bagaimana cara mengatasinya, kita juga perlu tahu dampak negatif internet bagi kita. Karena dari dampak negatif globalisasi ini masih ada hubungannya dengan dampak internet.
Dalam banyak hal, dampak negatif globalisasi mempunyai banyak karakteristik yang sama dengan internasionalisasi sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagian pihak sering memakai istilah globalisasi yang dikaitkan dengan berkurangnya tugas negara atau batas-batas negara.


Berikut Dampak Negatif Globalisasi
  • Informasi yang tak terkendali 
  • Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan 
  • Munculnya sikap individualisme
  • Berkurang sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian dan kesetiakawanan
  • Perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar ketimbang perusahaan yang ada dalam negeri menciptakan perusahaan dalam negeri sulit berkembang
  • Berkurangnya tenaga kerja pertanian jawaban dari sektor industri yang menyerap seluruh petani. 
  • Budaya bangsa akan terkikis 
Ciri-Ciri dari Dampak Negatif Globalisasi
Setelah diatas merupakan pembukaan awal dari artikel ihwal dampak negatif globalisasi dan cara mengatasinya, kita juga perlu tahu apa saja ihwal ciri-ciri dari globalisasi, lantaran bisa menambah wawasan kita lebih jauh, kami sarikan dari wikipedia, inilah ciri cirinya.
  • Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang menyerupai telepon genggam, televisi satelit, dan internet memperlihatkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya, sementara melalui pergerakan massa semacam turisme memungkinkan kita mencicipi banyak hal dari budaya yang berbeda.
  • Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai jawaban dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan efek perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO).
  • Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi informasi dan olah raga internasional). dikala ini, kita sanggup mengonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman gres mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, contohnya dalam bidang fashion, literatur, dan makanan.
  • Meningkatnya duduk kasus bersama, contohnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain.

Cara Mengatasi Dampak Negatif Globalisasi
Setelah tadi diatas kita sudah ulas secara lengkap dampak negatif globalisasi, maka kali ini kita akan membahasnya bagaimana cara mengatasi dampak negatif globalisasi secara lengkap dan jelas.

1. Meningkatkan Kualitas SDM Indonesia
  • Dampak negatif globalisasi merupakan sebuah realita yang mau tak mau harus dihadapi jika Bangsa Indonesia ingin tetap hidup sebagai bangsa yang berdaulat di dunia.
  • Cara untuk menghadapi dampak negatif globalisasi yaitu dengan mempersiapkan diri sebaik-baiknya melalui pendidikan. Melalui pendidikan yang optimal, bangsa Indonesia sanggup menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga sanggup bersaing di kancah dunia Internasional.
2. Meningkatkan Kualitas Nilai Keimanan dan Moralitaas Masyarakat
  • Dampak negatif globalisasi menciptakan budaya antar bangsa saling mempengaruhi. Karenanya keberadaan nilai-nilai keimanan dan moralitas menjadi sangat penting. Sebab nilai keimanan dan moralitas menjadi sangat penting. Sebab nilai-nilai keimanan dan moralitas itulah yang bisa mengatasi dampak negatif dari globalisasi.
  • Sebagai kaum Muslim, kita hendaknya menanamkan nilai-nilai Islam di kehidupan sehari-hari. Kita hendaknya menjalankan syariat Islam. Mengetahui mana yang halal dan haram. Sehingga kita sanggup memilah-milah efek dari luar.
  • Moralitas bangsa juga harus ditingkatkan. Di dalam dampak negatif globalisasi ini, moralitas bangsa cenderung menurun kualitasnya. Ini tidak lepas dari tanggung jawab orang tua, guru, dan pemerintah. Salah satu solusinya yaitu melaksanakan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan.
3. Mendorong dan Mendukung Upaya Memperjuangkan Keadilan Antar Bangsa
  • Salah satu dampak negatif globalisasi yaitu saling berkaitannya antara satu negara dengan negara lainnya. Baik dalam bentuk kerjasama ataupun persaingan global.
  • Pemerintah Indonesia harus berupaya sekuat tenaga untuk memperjuangkan keadilan dan keseimbangan antarbangsa. Upaya pemerintah tersebut harus selalu didorong dan didukung oleh setiap warga negaranya.
  • Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia merupakan 1 diantara 2 negara yang memperlihatkan permohonan semoga Israel menghentikan serangan ke Jalur Gaza. Ini mengambarkan kepedulian bangsa kita terhadap perdamaian dan peradilan antarbangsa. Maka sebagai warga negara, hendaknya kita mendukung upaya pemerintah.
4. Mendorong dan Mendukung Negara Maju untuk Memberikan Dana Perbaikan Lingkungan
  • Negara maju sangat diuntungkan dengan adanya globalisasi, lantaran negara maju banyak yang mempunyai perusahaan transnasional. Perusahaan tersebut biasanya berdiri di banyak sekali negara terutama di negara berkembang, termasuk di Indonesia.
  • Aktifitas perusahaan tersebut menciptakan lingkungan hidup menjadi rusak oleh pencemaran limbah atau asap pabriknya. Oleh lantaran itu, sudah sepantasnyalah negara-negara maju menyisihkan uang guna mendanai upaya-upaya perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup.
  • Tindakan ini sangat pantas diambil oleh Indonesia, karna buktinya banyak sekali hutan yang dijadikan perindustrian. Lahan hijau pun semakin sulit ditemukan di saerah perindustrian. Untuk memulihkan keadaan, Indonesia butuh dana dari perusahaan absurd tersebut.
5. Meningkatkan Jiwa Semangat Persatuan, Kesatuan, Serta Nasionalisme
  • Adanya dampak negatif globalisasi menjadi suatu tantangan yang berat bagi negara berkembang yang belum maju dan kuat. Negara yang masyarakatnya tidak mempunyai jiwa dan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang berpengaruh akan dengan gampang dipermainkan oleh negara-negara maju. Oleh karna itu, semangat dan jiwa persatuan, kesatuan dan nasionalisme harus terus ditingkatkan oleh seluruh rakyat Indonesia.
  • Bila jiwa dan semangat persatuan, kesatuan, dan nasionalisme telah tertanam dengan berpengaruh pada setiap warga negara Indonesia tidak akan gampang dipermainkan oleh negara-negara yang berpengaruh dan maju.
6. Melestarikan Adat Istiadad dan Budaya Daerah
  • Dampak negatif globalisasi juga menciptakan budaya luar sanggup dengan gampang kita ketahui. Pengetahuan akan budaya luar terkadang menciptakan masyarakat lebih menyukainya daripada budaya kawasan sendiri.
  • Menyukai kebudayaan luar yaitu hal yang wajar. Namun kita harus tetap melestarikan kebudayaan kita sendiri. Jangan hingga kebudayaan kita punah begitu saja seiring dengan waktu. Apalagi kebudayaan itu seenaknya saja diambil oleh bangsa lain. Betapa malunya kita?
  • Walaupun zaman sekarang telah serba modern, kita harus tetap berpegang teguh kepada sopan santun istiadat. Apalagi kita sebagai masyarakat Minangkabau, dimana “adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah, syarak mangato, sopan santun mamakai”.
7. Menjaga Keasrian Objek Wisata Dalam negeri
  • Salah satu ciri-ciri dampak negatif globalisasi yaitu perjalanan dan perlancongan antarbangsa yang semakin meningkat. Indonesia sebagai begara yang kaya akan objek-objek wisata yang indah hendaknya memanfaatkannya dengan seoptimal mungkin. Salah satu perjuangan yaitu menjaga keasrian objek wisata tersebut.
  • Sebenarnya selain Bali, banyak lagi pulau-pulau di Indonesia yang mempunyai tempat yang sangat indah untuk dikunjungi. Namun banyak lokasi yang tidak terjaga keasriannya sehingga tidak menarik untuk dikunjungi. Maka seharusnya masyarakat selalu menjaga keasrian objek wisata di kawasan masing-masing misal wisata garut dan taman matahari di bogor.
  • Cara-cara menjaga keasrian objek wisata dalam negeri menyerupai tidak membuang sampah sembarangan, tidak mencoret-mencoret tembok, melaksanakan penghijauan disekitar pegunungan, tidak membuang sampah ke sungai yang nantinya bermuara ke laut, melestarikan terumbu karang, dan sebagainya.
Demikian Artikel sederhana ihwal  Pengertian, Penyebab dan Dampak Globalisasi, semoga sanggup bermanfaat untuk kita semua. Sekian dan Terima Kasih. 

No comments:

Post a Comment