Sunday, August 25, 2019

Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan

Pegunungan lipatan merupakan bab dari proses diastropisme selain pegunungan patahan. Pegunungan lipatan mempunyai macam-macam lipatan atau jenis-jenis lipatan dan mempunyai bentuk-bentuk pegunungan lipatan terdiri atas 4 yakni jalur pegunungan lipatan, dome dan basin, lipatan tunjam, lipatan kompleks, setiap bentuk-bentuk pegunungan lipatan tersebut mempunyai proses terbentuknya, dan akan dijelaskan pula pengertian dari banyak sekali bentuk-bentuk pegunungan lipatan, sehingga tak akan timbul pertanyaan bahwa apa pengertian jalur pegunungan lipatan, apa pengertian dome dan basin, apa pengertian lipatan tunjam, apa pengertian lipatan kompleks dan pertanyaan lainnya, mengapa lipatan tersebut sanggup terjadi. begitu pun dengan pegunungan patahan mempunyai bentuk-bentuk pegunungan patahan dan macam-macam patahan atau jenis-jenis patahan, menyerupai tema diatas dimana kali ini kita akan menjelaskan bentuk-bentuk pegunungan lipatan yang akan dijelaskan menyerupai yang ada dibawah ini.

a. Jalur Pegunungan Lipatan. Jalur pegunungan lipatan yakni rangkaian pegunungan lipatan yang sangat panjang, melintasi beberapa benua, dan terletak berdampingan dengan palung didasar laut. Jalur pegunungan lipatan dan palung terbentuk alasannya yakni tumbukan antara lempeng samudra dan lempeng benua. Lempeng samudra lebih berat sehingga produksi akan menyusup di bawa lempeng benua, sedangkan lempeng benua akan terangkat ke atas alasannya yakni lebih ringan massanya. 

b. Dome dan Basin. Dome yakni pegunungan lipatan yang membulat, terbentuklah alasannya yakni tekanan mendatar yang mempunyai kekuatan tiba pada waktu dan arah yang sama. Contohnya, dome sangiran di jawa tengah yang populer sebagai tempat inovasi fosil insan purba. Basin yakni cekungan yang membulat alasannya yakni kawasan sekitarnya terangkat naik. 

c. Lipatan Tunjam. Lipatan Tunjam yakni pegunungan lipatan yang garis porosnya menunjam membentuk sudut terhadap bidang datar. 

d. Lipatan Kompleks. Lipatan Kompleks yakni banyak sekali jenis lipatan yang terdapat pada sebuah jalur pgunungan besar yang disebut geantiklin (antiklinal besar). Jalur di atasnya terdapat antiklinal dan sinklinal kecil-kecil dari banyak sekali tipe. 

Sekian artikel tentang Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan biar bermanfaat

No comments:

Post a Comment