Saturday, August 24, 2019

Fungsi Administrasi Serta Pengertiannya Secara Umum

Secara umum pengertian administrasi yaitu suatu seni dalam ilmu dan proses pengorganisasian menyerupai perencanaan, pengorganisasian, pergerakan, dan pengendalian atau pengawasan. Dalam pengertian administrasi sebagai seni karna seni berfungsi dalam mengujudkan tujuan yang konkret dengan hasil atau manfaat sedangkan administrasi sebagai ilmu yang berfungsi membuktikan fenomena-fenomena, insiden sehingga memperlihatkan klarifikasi yang sebenarnya. Manajemen berasal dari bahasa inggris yaitu "Manage" yang berarti, mengurus, mengelola, mengendalikan, mengusahakan, memimpin. Sedangkan Pengertian Manajemen secara etimologis yaitu seni melaksanakan dan mengatur. Pengertian administrasi juga dipandang sebagai disiplin ilmu yang mengajarkan proses mendapat tujuan organisasi dalam upaya bersama dengan sejumlah orang atau sumber milik organisasi. Orang yang melaksanakan administrasi disebut dengan manajer.

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
Pengertian administrasi berdasarkan George.R.Terry yang menyampaikan bahwa pengertian administrasi yaitu suatu proses atau kerangka kerja yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang ke arah tujuan-tujuan organisasional maksud yang nyata. Pengertian administrasi berdasarkan Encylopedia of the Social Science, menyampaikan bahwa pengertian administrasi yaitu suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Pengertian administrasi berdasarkan Mary Parker Follet, menyampaikan bahwa pengertian administrasi yaitu sebuah seni atau management is an art). Setiap pekerjaan bisa diselesaikan oleh orang lain. Pengertian administrasi berdasarkan James A.F Stoner, yang mengemukakan pendapatnya wacana pengertian administrasi yaitu proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain biar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Pengertian administrasi berdasarkan Lawrence A. Appley yaitu seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui perjuangan orang lain. Pengertian administrasi Wilson Bangun yaitu rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh anggota-anggota organisasi untuk mencapai tujuannya. Pengertian administrasi berdasarkan Koontz, menyampaikan bahwa pengertian administrasi yaitu seni yang paling produktif selalu didasarkan pada pemahaman terhadap ilmu yang mendasarinya.



Fungsi Manajemen 
Fungsi administrasi yaitu elemen-elemen dasar yang selalu ada dan berada dalam proses administrasi yang menjadi patokan bagi manejer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi Manajemen secara Umum yaitu sebagai berikut...

  1. Fungsi Perencanaan (Planning) - Pengertian perencanaan/planning yaitu suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan tujuan perusahaan dengan banyak sekali planning untuk mencapai tujuan yang ingin diraih. Perencanaan merupakan cara terbaik dalam mengejar dan menciptakan tujuan perusahaan sanggup tercapai karna perencanaan merupakan proses bab dari fungsi administrasi yang penting karna tanpa perencanaan fungsi-fungsi administrasi berikutnya tidak sanggup berjalan.
  2. Fungsi Pengorganisasian (Organizing) - Pengertian pengorganisasian/organizing yaitu membagi suatu kegiatan besar menjadi suatu kegiatan-kegiatan kecil dengan membagi dalam setiap kiprah biar tercapainya suatu tujuan dengan lebih mudah.
  3. Fungsi Pengarahan (Directing) - Pengertian pengarahan/directing yaitu suatu tindakan yang mengusahakan biar semua anggota kelompok untuk berusaha mencapai tujuan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Demikianlah artikel singkat tentang Fungsi Manajemen, semoga bermanfaat pastinya. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment