Sunday, August 25, 2019

Pengertian Makhluk Hidup Secara Umum Serta Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Makhluk yaitu dari kata Arab yang berarti "diciptakan", sebagai lawan kata Kholik - "yang menciptakan." mengacu pada suatu organisme yang diciptakan oleh Allah yang hidup. Selain itu, "makhluk" juga sanggup merujuk kepada:

  • Makhluk halus, yaitu makhluk Allah yang tidak kelihatan menyerupai jin, malaikat dan lain-lain.
  • Makhluk hidup, yaitu kumpulan molekul yang saling mempengaruhi.
  • Makhluk legendaris, sedang ditemukan dalam legenda atau dongeng, menyerupai naga, binatang atau rakasa.

Secara umum pengertian makhluk hidup yaitu makhluk dengan ciri-ciri kehidupan menyerupai bernapas, bergerak, dan berkembangbiak.. Ikan, kambing, burung, dan manusinya sanggup bergerak, memerlukan makanan, berkembang biak, dan bernapas. Hal tersebut yang membedakan antara makhluk hidup dan benda mati. Sedangkan pola benda mati yaitu meja, kursi, pupen, tas, buku dan lain-lain yang tidak mencakup ciri-ciri dari makhluk hidup.
Pengertian lain dari spesialis berjulukan Kimball. Pada tahun 1983, ia mengemukakan pendapatnya perihal apa itu makhluk hidup. Menurutnya, makhluk hidup yaitu sesuatu yang mempunyai lima ciri-ciri. Cirri yang pertama yaitu berevolusi. Berevolusi artinya makhluk hidup semestinya mengalami perubahan dalam fase hidupnya. Ciri yang kedua yaitu responsif atau menanggapi rangsang. Rangsang sendiri ada banyak, bisa rangsangan suara, sentuhan, dan lain sebagainya.
Dibawah ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri makhluk hidup :

Ciri-Ciri Makhluk Hidup 

1. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bernapas
Semua makhluk hidup bernapas. Bernapas yaitu proses mengambil udara O2 dari luar dan mengeluarkan udara (CO2) dari dalam tubuh. Oksigen diharapkan makhluk hidup dalam pembakaran kuliner di badan dengan menghasilkan energi yang diharapkan badan yang disebut dengan oksidasi tubuh. Energi yang dihasilkan difungsikan untuk bergerak dan beraktivitas.

Proses pernapasan makhluk hidup berbeda-beda, bergantung dari daerah hidup dan jenis makhluk hidup. Makhluk hidup darat mempunyai sistem pernapasan berbeda dengan makhluk hidup di air. Berikut macam-macam alat pernapasan...
  • Alat pernafasan tumbuhan disebut dengan stomata atau lentisel 
  • Alat pernafasan binatang disebut dengan insang trakea, paru-paru dan kulit
  • Burung mempunyai alat bantu pernafasan disebut dengan pundi-pundi udara
2. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Bergerak
Bergerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Gerak insan dan binatang terlihat jelas. Manusia dan binatang dibantu oleh alat gerak, contohnya pada insan mempunyai tangan dan kaki. Sedangkan binatang mempunyai sayap, kaki, sirip, silia dan lain-lainnya. Tumbuhan melaksanakan gerakan, tapi gerakan yang tidak gampang untuk dilihat. Contoh tumbuhan putri aib yang jikalau disentuh akan menutup. Daun petai cina yang menutup pada sore hari, tumbuhan tanaman selalu ke arah datangnya sinar matahari, dan bunga matahari yang selalu menghadap matahari. Gerakan tumbuhan disebabkan oleh ransangan dari luar.

3. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Makan
Seluruh makhluk hidup membutuhkan makanan. Makanan yang dimakan harus mengandung zat-zat kuliner yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya lemak, mineral, karbohidrat, dan protein. Karbohidrat diharapkan badan untuk menghasilkan energi. Fungsi kuliner untuk makhluk hidup...
  • Menimbulkan energi (tenaga)
  • Pembangun badan (pertumbuhan) 
  • Mengganti sel-sel badan yang rusak 
Makhuk hidup yang membuat makanannya sendiri yaitu tumbuhan hijau daun melalui proses fotosintesa.

4. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Iritabilitas
Salah satu dari makhluk hidup yaitu respons terhadap rangsangan. Kemampuan makhluk hidup memberi balasan dari adanya rasangan.
Iritabilitas binatang dan insan memakai panca indera terdiri dari
  • Mata untuk melihat 
  • Telinga untuk mendengar
  • Hidung untuk mencium 
  • Lidah untuk mengecap 
  • Kulit untuk meraba
5. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Tumbuh
Makhluk hidup mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Contohnya kau menanam biji tumbuh menjadi kecambah, selanjutnya menjadi tumbuhan kecil. Jika tumbuhan kau siram setiap hari, maka tumbuh menjadi tumbuhan yang besar.

6. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Berkembangbiak
Berkembang biaka atau reproduksi merupakan kemampuan dari makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan. Perkembangbiakan untuk melestarikan jenisnya. Cara perkembangbiakan pada binatang terdabagi dalam dua macam yaitu secara generatif (kawin) dan secara vegetatif (tak kawin). Pada binatang tingkat tinggi berkembang biak secara kawin, sedangkan binatang tingkat rendah berkembangbiak dengan vegetatif (tak kawin). Sedangkan tumbuhan berkembang biak dengan biji, juga sanggup berkembang biak dengan vegetatif atau tidak kawin. Contoh perkembangbiakan vegetatif pada tumbuhan diantaranya yaitu tunas, stek dan cangkok.
  
7. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Beradaptasi
Untuk bertahan hidup di lingkungannya, setiap makhluk hidup mengikuti keadaan dengan lingkungannya. Tempat hidup makhluk hidup sanggup melaksanakan aktivitasnya disebut habitat. Jika makhluk hidup tidak bisa mengikuti keadaan dengan lingkungannya maka akan mati atau harus berpindah ke lingkungan yang baru.

8. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Memerlukan Suhu
Semua makhluk hidup bertahan suhu tertentu, ikan hidup di air yang bersuhu antara 5 derajat celcius hingga 30 derajat, untuk jenis basil sanggup hingga dengan suhu 80 derajat, sedangkan tumbuhan sanggup hidup antara suhu 0-43 derajat celcius.

9. Ciri-Ciri Makhluk Hidup #Sekresi
Zat sisa dari proses produksi harus dikeluarkan, jikalau akan menjadikan racun yang terdapat dalam tubuh. Zat sisa dikeluarkan berupa gas, cairan, atau zat padat.Alat pengeluaran zat sisa binatang atau insan yaitu...
  • Paru-paru mengeluarkan CO2
  • Ginjal mengeluarkan urine
  • Kulit mengeluarkan keringat. 

Demikianlah artikel perihal pengertian Makhluk Hidup, Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Semoga teman-teman sanggup mendapatkan dan bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

No comments:

Post a Comment