Saturday, October 5, 2019

Strategi Operasional

Pengertian Strategi Operasional

Strategi operasional adalah fungsi operasional yang memilih arah dalam pengambilan sebuah keputusan yang terintegrasikan bersama taktik bisnis.

Strategi operasional membuat teladan pola pengambilan sebuah keputusan operasional secara konsisten.
adalah fungsi operasional yang memilih arah dalam pengambilan sebuah keputusan yang ter Strategi Operasional
Strategi Operasional

Ada beberapa hebat yang memperlihatkan pendapat mengenai pengertian taktik operasional.

Skninner [1978]

     Strategi ialah filosofi yang mempunyai keterkaitan dengan alat dalam mencapai tujuan

Hayes dan Wheel Wright [1978]

     Strategi operasional sebagai seluruh acara yang berada dalam ruang lingkup perusahaan termasuk pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan yang dimiliki.

Hill [1989]

     Strategi ialah sebuah cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan acara manufakture dan pemasaran. kesemuanya dilakukan untuk menyebarkan perspektif perusahaan melalui agregasi.

Anderson et al [1984]

     Strategi operasional ialah visi jangka panjang yang terdiri dari misi, tujuan atau sasaran, kebijakan serta distintive competence dari suatu perusahaan.

Melihat banyak sekali definisi mengenai taktik operasional diatas, benang merahnya bisa terlihat bahwa taktik operasional merupakan sebuah janji terhadap seluruh acara yang telah direncanakan ataupun yang berada pada lingkup perusahaan.

Aktivitas yang akan dijalankan oleh manajemen dengan memaksimalkan sebaik mungkin semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Kita bisa memilih indikator dari sebuah taktik operasional:
  • Komitmen terhadap acara yang ada pada lingkup perusahaan.
  • Keadaan perusahaan yang ada ketika ini dan yang masih direncanakan.
  • Proses tranformasi, acara organisasi bisa menyebabkan masukan sebagai nilai tambah.
  • Distinctive competence, kemampuan spesifik perusahaan dalam memperlihatkan nilai tambah.

Tipe Tipe Strategi Operasional

- Strategi produksi berbiaya rendah yang dilakukan dengan penitikberatan pada biaya produksi
  • Tekhnologi tinggi, biaya tenaga kerja yang rendah, tingkat persediaan yang rendah, mutu terjamin.
  • Bagian administrasi pemasaran dan administrasi keuangan mendukung.
- Strategi penemuan terhadap produk dan pengenalan sebuah produk baru.
  • Fleksibilitas didalam pengenalan produk baru.
  • Harga tidak menjadi duduk kasus dalam hal pemasaran.
Strategi operasional memadukan semua masukan dari banyak sekali jenis fungsi manajemen lainnya. Misalnya penilaian terhadap info atau taktik terhadap audit dengan mempergunakan metode pendekatan analisa SWOT dan yang lainnya.

Baca juga: Manajemen Operasional

No comments:

Post a Comment