Monday, October 28, 2019

Cara Gampang Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta ContohDalam pelajaran Matematika terdapat bahan pembelajaran mengenai persen. Materi ini biasanya sering kita terapkan dalam kehidupan sehari hari. Misalnya ketika obral diskon pakaian atau alat kecantikan. Tentu saja teknik menghitung persen ini diterapkan. Dalam ilmu Matematika, menghitung persen sanggup memakai rumus tertentu atau memakai kalkulator biar lebih mudah. Namun kini ini ada cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator. Bahkan dalam teladan menghitung persen tanpa kalkulator akan lebih gampang untuk memakai cara cara tersebut. Dengan begitu kita tidak akan malas berhitung dan tidak bergantung terhadap alat menyerupai kalkulator lagi.
Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh
Menghitung persen tanpa dukungan kalkulator sanggup dipakai untuk mengasah otak dengan cara berhitung manual. Cara ini tentunya lebih gampang dan lebih baik dilakukan kalau dibandingkan memakai dukungan alat. Persen dilambangkan dengan simbol %. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas wacana cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator beserta teladan menghitung persen tanpa kalkulator. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Cara Praktis Menghitung Persen Tanpa Kalkulator Beserta Contoh

Pada dasarnya menghitung persen sanggup dilakukan dengan memakai rumus persen. Rumus ini bermaksud untuk memudahkan siswa biar lebih gampang dalam mencari nilai persen yang ada. Adapun rumus dalam menghitung persen yaitu
Persentase (%) = (bagian/seluruh) x 100
Dengan rumus diatas, kita sanggup mengubah bentuk persen menjadi pecahan tertentu ataupun sebaliknya. Namun alasannya banyaknya variasi perhitungan persen, maka kita harus memakai cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator. Caranya cukup mengubah persen menjadi bentuk pecahan lalu dirubah lagi menjadi lebih sederhana. Setelah itu dikalikan dengan nilai yang ingin dicari persennya. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak teladan menghitung persen tanpa kalkulator di bawah ini:
Baca juga : Rumus Persamaan Garis Lurus Beserta Contoh Soal
1. Pak Jono mempunyai belibis yang jumlahnya 8.000 ekor. Jika bulan depan pak Jono ingin menjual bebeknya sebanyak 25%, maka berapakah jumlah belibis yang akan di jual?

Pembahasan
Pada umumnya kita menghitung persen dengan merubahnya menjadi pecahan lalu mengalikan dengan jumlah yang diinginkan menyerupai cara di bawah ini:
25% = 25/100
Jumlah belibis yang dijual = 25/100 x 8.000 = 2.000 ekor

Cara diatas memakai rumus persen yang ada tetapi bagaimana kalau jumlah angka yang ingin dikalikan mempunyai besar ratusan ribu? Tentunya cara ini akan lebih panjang dan lebih sulit. Namun tidak perlu khawatir alasannya anda sanggup memakai cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator menyerupai di bawah ini :

 25% diubah menjadi 1/4 biar lebih gampang menghitungnya. Maka perhitungan persennya akan menyerupai dibawah ini :
Jumlah belibis yang dijual = 8.000/4 = 2.000 ekor

2. Mall Sentul menyediakan diskon sebesar 20% dengan nilai belanja sebesar 200.000. Berapakah besar diskon yang diberikan oleh Mall tersebut?
Baca juga : Mengenal Jenis Jenis Sudut Matematika Beserta Penjelasan
Jawab.
20%= 1/5
Besar diskon yang diberikan = 200.000/5
                                               = 40.000

Demikianlah klarifikasi mengenai cara gampang menghitung persen tanpa kalkulator dan teladan menghitung persen tanpa kalkulator. Dalam menghitung persen, cara ini lebih gampang bukan? Dengan begitu anda tidak akan bergantung lagi dengan alat dalam perhitungan persen atau sejenisnya. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

No comments:

Post a Comment