Wednesday, October 23, 2019

Pengertian Bangsa Dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap

Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap - Menurut Bahasa Inggris, kata bangsa berarti "Nation". Kemudian berdasarkan Bahasa Latin sendiri, kata Nation berarti "Natio" yang artinya telah lahir sesuatu. Maka dari itu artinya sanggup diperluas menjadi sebuah keturunan, dimana satu garis keturunan yang ditempati oleh sekelompok orang. Setelah itu, kata nation mulai mengalami perkembangan menjadi "Nasional" yang bermakna Kebangsaan. Inilah cikal bakal dari pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa berdasarkan para ahli.

Lantas apa pengertian bangsa itu? Apa saja unsur unsur bangsa ? Unsur terbentuknya bangsa tersebut berkhasiat sebagai pendukung lahirnya sebuah bangsa. Suatu bangsa sanggup disusun oleh ratusan sampai jutaan insan dengan prinsip kesatuan jiwa. Terbentuknya satu bangsa sanggup terjadi kalau didalamnya terdapat kehendak semua insan untuk bersatu.
Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap
Unsur Terbentuknya Sebuah Bangsa
Berdasarkan pendapat Ir. Soekarno, unsur terbentuknya bangsa tidak hanya berupa kehendak semua insan unuk bersatu saja, melainkan masih ada satu unsur lagi yakni tanah air. Tanah air tersebut dipakai sebagai daerah tinggal semua orang yang mempunyai perasaan untuk bersatu. Sebuah bangsa yang satu tidak akan terbentuk kalau semua orang yang terdapat didalamnya tidak mempunyai perilaku dan cita-cita untuk menjalin satu kesatuan yang utuh. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ihwal pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa terlengkap. Untuk lebih jelasnya sanggup anda simak di bawah ini.

Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa unsur terbentuknya bangsa harus disertai dengan kesatuan orang orang dan daerah tinggalnya. Dengan begitu bangsa sanggup dibuat menjadi sebuah daerah tinggal yang utuh. Suku suku dalam sebuah bangsa banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor tertentu. Untuk itu bangsa yang satu dengan bangsa lainnya sangat berbefa. Adapun faktor faktornya mirip wilayah, moral istiadat, perasaan, persamaan keturunan, agama, bahasa dan persamaan politik. Di bawah ini terdapat beberapa pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa. Berikut klarifikasi selengkapnya:
Baca juga : Nilai Nilai Luhur yang Terkandung dalam Sumpah Pemuda

Pengertian Bangsa

Sebelum menjelaskan ihwal unsur unsur bangsa, saya akan membahas ihwal pengertian sebuah bangsa terlebih dahulu, Secara umum pengertian bangsa ialah sekelompok orang yang mengakui bahwa dirinya bab dari kelompok tersebut dan hidup dalam sebuah wilayah dengan persamaan tertentu seperi ideologis, budaya, keturunan, fisik, dan sosiologis. Selain pengertian tersebut, adapula beberapa pengertian berdasarkan para ahli, pengertian berdasarkan bahasa, pengertian berdasarkan politis dan pengertian berdasarkan sosiologis antropologis. Berikut penjelasannya yaitu:

Pengertian Menurut Para Ahli
Hans Kohn
Pengertian bangsa berdasarkan Hans Kohn ialah insan dalam sejarah yang mempunyai tenaga hidup tak pernah membeku dan selalu bergelombang. Didalamnya terdapat beberapa unsur unsur bangsa. Unsur terbentuknya bangsa didasarkan pada persamaan tertentu pada masyarakat didalamnya sehingga sanggup membedakannya dengan bangsa lain.

Otto Bauer
Pengertian sebuah bangsa berdasarkan Otto Bauer ialah sekumpulan insan yang berkembang dan tumbuh dalam bangsa yang sama alasannya ialah mempunyai kesamaan perangai atau huruf mirip persamaan pengalaman sejarah, budaya dan nasib.

Ernest Renant
Pengertian bangsa berdasarkan Ernest Renant ialah kesatuan jiwa dimana sekumpulan orang mempunyai cita-cita untuk bersatu. Terbentukya satu jiwa tersebut terjadi alasannya ialah orang orang didalamnya ingin bersatu sama lain.

Lothrop Stoddard
Pengertian sebuah bangsa berdasarkan Lothrop Stoddard ialah sekelompok orang banyak yang mempunyai kepercayaan bahwa mereka termasuk dalam satu bangsa yang sama.
Baca juga : Makna Alinea dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 (Alinea I, II, III, IV)
Ir. Soekarno
Pengertian bangsa berdasarkan Ir. Soekarno ialah sekelompok orang banyak yang memiiliki karakter/watak keras serta keingnan untuk hidup dan bersatu menjadi satu unit faktual dalam sebuah wilayah.

Pengertian Menurut Bahasa
Menurut bahasa, kata bangsa mempunyai beberapa arti yang berbeda beda. Kemudian dalam bahasa Inggris, kata bangsa berarti Nation yang maknanya keturunan. Didalamya terdapat unsur unsur bangsa yang perlu diperhatikan. Lalu apa saja unsur terbentuknya bangsa itu? Kemudian pengertian bangsa secara bahasa ialah segerombolan orang yang mempunyai persamaan keturunan.

Pengertian Menurut Politis
Menurut politis, bangsa mempunyai pengertian yaitu sekelompok orang dalam sebuah negara yang berkuasa dimana mempunyai persamaan pemahaman.

Pengertian Menurut Sosiologis Antropologis
Menurut sosiologis antropologis, bangsa ialah sekelompok insan yang bersekutu dan tinggal dalam wilayah tertentu alasannya ialah mempunyai persamaan ciri jasmani, keturunan, budaya dan ras.

Ciri Ciri Bangsa

Setelah membahas ihwal pengertian bangsa, selanjutnya saya akan menjelaskan ihwal ciri ciri bangsa. Namun saya juga tidak lupa untuk menjelaskan unsur unsur bangsa atau unsur terbentuknya bangsa. Di bawah ini terdapat beberapa ciri ciri sebuah bangsa yaitu meliputi:
  • Rasa kebersamaan yang dimiliki oleh sekelompok orang atau self belonging together.
  • Belum mempunyai pemeritahan sendiri, namun sudah mempunyai wilayah tertentu.
  • Ingin berada atau membentuk pemerintahannya sendiri dengan kehendak bersama.
  • Memiliki sifat nasionalitas atau kebangsaan dalam sistem keanggotaan orangnya.
  • Waktu kelahirannya tidak sanggup diterangkan secara pasti. Misalnya suku bangsa Betawi yang telah muncul atau mulai kapan telah ada secara niscaya belum diketahui.
  • Terbentuknya bangsa dikarenakan persamaan bahasa, budaya dan agama sehingga mempunyai perbedaan dengan bangsa lainnya.
Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap Pengertian Bangsa dan Unsur Unsur Bangsa Terlengkap
Bangsa Indonesia
Baca juga : 4 Ciri Ciri Konstitusi Pada Negara Komunis Lengkap

Unsur Unsur Bangsa

Selanjutnya saya akan membahas ihwal unsur terbentuknya bangsa. Sebuah bangsa sanggup dibuat dengan beberapa unsur di bawah ini yaitu seperti:

Bayangan Mengenai Komunitas Politik
Unsur unsur bangsa yang pertama ialah bayangan mengenai komunitas politik. Bayangan komunitas politik dalam sebuah bangsa sanggup terjadi alasannya ialah anggota anggotanya yang tidak saling kenal, bahkan bangsa terkecil sekalipun. Unsur terbentuknya bangsa ini meskipun tidak saling kenal tetapi anggota sebuah bangsa tersebut menganggap bahwa orang lain ialah saudara setanah air dan sebangsanya. Pada akibatnya akan timbul perilaku rela mati dalam diri anggotanya demi komunitas politik yang dibayangkan melalui persamaan sebangsa tersebut.

Batas Wilayahnya Jelas
Unsur unsur bangsa selanjutnya ialah kejelasan dalam batas wilayahnya. Unsur terbentuknya bangsa ini diibaratkan sebagai sebuah hakikat yang sifatnya terbatas. Bahkan wilayah yang terperinci tersebut dimiliki oleh negara terbesar sekalipun dengan ratusan juta jiwa penduduk didalamnya. Kemudian akan ditemukan bangsa lain dengan daerahnya sendiri di luar perbatasan tersebut. Tidak ada bangsa satupun yang mempunyai bayangan untuk mempunyai seluruh umat insan di bumi sebagai penduduknya.

Berdaulat
Unsur unsur bangsa selanjutnya ialah berdaulat. Unsur terbentuknya bangsa harus berdaulat alasannya ialah sebuah negara mempunyai kekuasaan dibawahnya dengan keseluruhan bangsa dan wilayah didalamnya. Untuk itu dalam sebuah wilayah terntentu, sekelompok insan harus mempunyai identitas, mempunyai perasaan bersatu, ciri khas budaya, dan karakter. Selain itu adapula persamaan cita cita, nasib dan tujuan bersama dalam sebuah bangsa yang diwujudkan dalam bentuk mematuhi hukum tertentu.

Berdasarkan klarifikasi unsur terbentuknya bangsa di atas. Kita sanggup menyimpulkan beberapa unsur unsur bangsa yakni meliputi:
  • Terdapat sekelompok orang yang mempunyai kemauan bersatu.
  • Terletak di sebuah wilayah tertentu.
  • Memiliki kehendak untuk berada dan membentuk pemerintahannya sendiri.
  • Memiliki persamaan secita cita, senasib, setujuan dan sepenanggungan secara psikologis.
  • Memliki perbedaan dengan bangsa lainnya yang berwujud persamaan budaya, karakter, bahasa, identitas dan sebagainya.
Sekian klarifikasi mengenai pengertian bangsa dan unsur unsur bangsa terlengkap. Pada dasarnya unsur terbentuknya bangsa meliputi kehendak semua insan untuk bersatu yang tinggal dalam suatu wilayah tertentu. Semoga artikel ini sanggup bermanfaat dan menambah wawasan anda.

No comments:

Post a Comment