Wednesday, August 14, 2019

Laporan

Laporan Adalah suatu bentuk penyampaian informasi, data, atau info baik secara verbal maupun tertulis. Didalam laporan terdapat acara pencatatan, pengumpulan, pemeriksaan, pengetikan dan pengolahan data. Secara Umum Laporan Dapat Diartikan Sebagai bentuk penyampaian berita,keterangan,pemberitahuan ataupun pertanggungjawaban baik secara verbal maupun secara tertulis dari bawahan kepada atasan sesuai dengan kekerabatan wewenang dan tanggung jawab yang ada diantara mereka. Dan Salah satu cara pelaksanaan komunikasi dari pihak yang satu kepada pihak yang lainnya.

Baca Juga Pengertian Jenis Dan Tujuan Laporan Keuangan
 Adalah suatu bentuk penyampaian informasi  Laporan


Fungsi laporan

  1. Sebagai materi pertanggungjawaban
  2. Alat memberikan informasi
  3. Alat pengawasan
  4. Bahan penilaian
  5. Bahan pengambilan keputusan

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam laporan

  1. Harus terang dan cermat
  2. Mengandung kebenaran dan objektifitas
  3. Lengkap
  4. Tegas dan konsisten
  5. Langsung mengenai sasaran
  6. Disampaikan kepada orang dan alamat tujuan yang tepat
  7. Disertai dengan saran-saran
  8. Tepat waktu

Jenis-jenis laporan

Laporan menurut waktu
  1. Laporan bersiklus yaitu laporan yang dibentuk secara periodik atau rutin dalam jangka waktu tertentu (laporan harian, mingguan, bulanan, atau tahunan). Contoh : laporan kehadiran karyawan setiap bulan.
  2. Laporan insidental yaitu laporan yang dibentuk apabila diperlukan
Laporan menurut bentuk
  1. Laporan berbentuk surat yaitu laporan yang dibentuk secara tertulis dalam bentuk surat, isinya antara satu hingga empat halaman. Contoh: laporan jumlah siswa yang keluar dari suatu sekolah
  2. Laporan berbentuk naskah yaitu laporan disampaikan dalam bentuk naskah, baik naskah pendek maupun panjang. Contoh: laporan acara kepanitiaan atau notulen rapat.
  3. Laporan berbentuk memo yaitu laporan yang ditulis memakai memo. Umumnya isi laporan pendek, untuk keperluan intern dan dilakukan antar pejabat/pimpinan.
Laporan menurut penyampaian
  1. Laporan verbal yaitu laporan yang disampaikan secara langsung
  2. Laporan tertulis yaitu contoh: surat, naskah dan memo
  3. Laporan visual yaitu laporan yang disampaikan melalui penglihatan. Contoh: disampaikan melalui media presentasi (power point)
Laporan menurut sifat
  1. Laporan biasa yaitu laporan yang isinya bersifat biasa dan tidak rahasia, sehingga kalau laporan terbaca orang lain tidak menjadikan imbas negatif
  2. Laporan penting yaitu laporan yang isinya bersifat penting dan rahasia, sehingga hanya orang tertentu saja yang boleh mengetahuinya.
Laporan menurut isinya
  1. Laporan informatif yaitu laporan yang isinya hanya berisi informasi saja
  2. Laporan rekomendasi yaitu laporan yang isinya bersifat penilaian sekilas tanpa adanya pembahasan lebih lanjut
  3. Laporan analisa yaitu laporan yang isinya berupa hasil analisa secara mendalam
  4. Laporan kelayakan yaitu laporan yang isinya berisi wacana hasil penentuan kelayakan atau pemilihan mana yang terbaik
  5. Laporan pertanggungjawaban yaitu laporan yang berisi pertanggungjawaban kiprah seseorang atau kelompok kepada atasan yang memberi kiprah tersebut.

Langkah-langkah menciptakan laporan

  1. Menentukan duduk kasus yang akan dilaporkan
  2. Mengumpulkan bahan, data dan fakta
  3. Mengklasifikasi data
  4. Mengevaluasi dan mengolah data
  5. Membuat kerangka laporan

Kerangka laporan

A Pendahuluan
  1. Maksud dan tujuan penulisan laporan
  2. Masalah pokok yang dilaporkan
  3. Sistematika laporan
B Batang tubuh
  1. Data dan fakta pelaksanaan kegiatan
  2. Kesesuaian pelaksanaan dengan perencanaan
  3. Masalah yang terjadi
  4. Pembahasan masalah
C Penutup
  1. Kesimpulan, dan
  2. Saran

No comments:

Post a Comment