Friday, August 16, 2019

Sudut Pandang Kelebihan Dan Kelemahan E-Business

Seluruh perusahaan, tanpa perduli ukuran dan jenisnya, sanggup menerapkan konsep e-Business, alasannya yaitu dalam proses penciptaan produk maupun jasanya, setiap perusahaan niscaya membutuhkan sumber daya informasi.

e-Business
Pengertian e-Business atau Electronic business sanggup Diartikan sebagai acara yang berkaitan secara pribadi maupun tidak pribadi dengan proses pertukaran barang dan/atau jasa dengan memanfaatkan internet sebagai medium komunikasi dan transaksi,dan salah satu aplikasi teknologi internet yang merambah dunia bisnis internal, melingkupi sistem, pendidikan pelanggan, pengembangan produk, dan pengembangan usaha. Secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.

E-Business Menurut Para Ahli
  1. Menurut (Executive Guides: Business To Customer www.netessence.com.cy) Definisi e-business secara sederhana yaitu penggunaan internet untuk berafiliasi dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier. Penggunaan internet menimbulkan proses bisnis menjadi lebih efisien. Dalam penggunaan e-business, perusahaan perlu untuk membuka data pada sistem isu mereka supaya perusahaan sanggup menyebarkan isu dengan konsumen, rekan bisnis, dan supplier dan sanggup bertransaksi secara elektronik dengan mereka memanfaatkan internet.Beda e-business dengan e-commerce yaitu ecommerce hanya berupa transaksi secara elektronik di internet sedangkan e-business termasuk juga pertukaran isu secara online contohnya sebuah perusahaan manufaktur membagi isu persediaan materi baku ke supplier, sebuah forum keuangan membagi isu perihal perbankan, credit card, dll dengan konsumen mereka, dan sebagainya.
  2. Menurut (Daniel Amor. 2000. The E-business Revolution. Prentice Hall) Menghubungkan sistem teknologi isu tradisional dengan internet akan menjadi sebuah e-business.
  3. Menurut (http://www.wisegeek.com/what-is-ebusiness.htm) E-bisnis yaitu istilah yang dipakai untuk menggambarkan bisnis yang dijalankan pada internet, atau penggunaaan teknologi internet untuk meningkatkan produktivitas dan keutungan dari suatu bisnis.
  4. Menurut (Steven Alter. Information System: Foundation of E-Business. Prentice Hall. 2002) E-business yaitu praktek pelaksanaan dan pengelolaan proses bisnis utama menyerupai perancangan produk, pengelolaan pasokan materi baku, manufaktur, penjualan, pemenuhan pesanan, dan penyediaan servis melalui penggunaan teknologi komunikasi, komputer, dan data yang telah terkomputerisasi.
  5. Menurut (Christoper Stoole. 2000. E-business – Just What is It? http://ebusiness.about.com/industry) Definisi e-business berdasarkan IBM yaitu sebuah pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi untuk menawarkan nilai bisnis yang berbeda dengan mengkombinasikan system dan proses yang menjalankan operasi bisnis utama dengan pemanfaatan teknologi internet. 
  6. Menurut (SearchCIO.com) E-business yaitu mengelola bisnis di internet yang terkait dengan pembelian, penjualan, pelayanan terhadap konsumen, dan kerja sama antar rekan bisnis. Istilah e-business pertama kali dipakai salah satunya oleh IBM pada tahun 1997.
  7. Menurut (Sid L. Huff, dkk. 2000. Cases in Electronic Commerce. McGraw-Hill) E-business mencakup semua hal yang harus dilakukan memakai teknologi isu dan komunikasi (ICT) untuk melaksanakan kegiatan bisnis antar organisasi maupun dari organisasi ke konsumen.
  8. Menurut (MSN Encarta) Penggunaan internet untuk pengelolaan bisnis contohnya untuk menghubungkan dengan konsumen, supplier, pekerja, dan rekan bisnis.; Perusahaan yang memakai teknologi internet.
  9. Menurut (Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon. 2001. Esssentials of Management Information Systems: Organization and Technology in Networked Enterprise. Prentice Hall) Penggunaan internet dan teknologi digital lainnya untuk komunikasi, koordinasi, dan administrasi organisasi.
  10. Menurut (Samantha Shurety.1999. E-business with Net.Commerce. Prentice Hall) E-business yaitu mengenai penggunaan teknologi internet untuk melaksanakan transformasi proses bisnis yang dilakukan. Bentuk e-business yang paling gampang terlihat yaitu pembelian barang secara online baik retail maupun grosir.
Sudut pandang e-business
  1. Alat/Media/Sumber Daya yang Digunakan.  Teknologi isu dan komunikasi,  Komputer, data yang telah terkomputerisasi, internet
  2. Tujuan. Koordinasi, Komunikasi, dan Pengelolaan organisasi, Transformasi proses bisnis, Sharing informasi
  3. Pelaku E-Business, ‐ Organisasi, konsumen, perusahaan, supllier, pekerja, rekan bisnis
  4. Kegiatan Sasaran.  Kegiatan bisnis, Proses bisnis utama, Pembelian, penjualan,pelayanan, transaksi, Operasi bisnis utama
  5. Keuntungan, Pendekatan yang aman, fleksibel, dan terintegrasi, Memberikan nilai bisnis yang berbeda, Efisien, Peningkatan produktivitas dan keutungan.
Strategi sukses dalam e-Business
  1. Menulis artikel. Kebanyakan penjualan yaitu hasil dari proses edukasi atau sosialisasi, sehingga produk sanggup dipasarkan melalui tulisan-tulisan yang informatif.
  2. Lakukan e-Marketing. Sediakan sebagian waktu untuk pemasaran secara online.
  3. Fokus. Produk-produk yang dijual di internet harus menjadi bab yang fokus dari masing-masing manajer produk.
  4. Manfaatkan kekuatan e-mail. E-mail yaitu acara pertama yang paling banyak dipakai di Internet, maka pemasaran sanggup dilakukan melalui e-mail atas dasar persetujuan.
  5. Banner berupa teks, alasannya yaitu respons yang diperoleh dari banner berupa teks jauh lebih tinggi dari banner berupa gambar.
  6. Komunikasi instan. Terus mengikuti perkembangan dari calon pembeli atau pelanggan tetap untuk menjaga akidah dengan cara komunikasi langsung.
  7. Ciptakan 2 level afiliasi. Memiliki distributor penjualan utama dan distributor penjualan kedua yang membantu penjualan produk/bisnis.
Kelebihan e-business
  1. Menghemat Waktu, Jika bisnis yang dilakukan pada umumnya harus pergi ke kawasan konsumen maupun rekan-rekan bisnis lainnya untuk melaksanakan transaksi maupun kerjasama. Maka berbeda dengan e-business, segala jenis komunikasi dilaksanakan secara online di internet.
  2. Akses Mudah, Agar sanggup berafiliasi dengan konsumen, pebisnis hanya membutuhkan koneksi internet yang baik dan memadai
  3. Tidak Membutuhkan Modal Besar, Banyak orang beranggapan bahwa untuk memulai berbisnis harus mempunyai modal uang yang besar. Menurut saya hal tersebut yaitu pendapat yang kurang tepat, alasannya yaitu setiap orang sanggup memulai bisnis internet bahkan tanpa modal sekalipun. Asalkan mempunyai koneksi internet yang baik dan sanggup menggaet kerja sama yang baik dengan pebisnis lain. Salah satu pola e-business tanpa modal yaitu bisnis reseller.
  4. Lebih Tepat Sasaran, Para peminat bisnis yang kita usahakan akan tiba kepada kita. Sedangkan yang tidak berminat, tidak perlu mengindahkan iklan yang kita buat sebagai pebisnis.
Kelemahan e-business
  1. Tidak Ada Pertemuan dengan Konsumen Secara Langsung, Salah satu kelemahan dari e-business yaitu tidak adanya susukan antara pebisnis dengan konsumen. Agar sanggup terjadi tatap muka secara langsung, mereka harus menciptakan janji untuk bertemu.
  2. Resiko Penipuan Lebih Tinggi Dibanding Bisnis Lainnya, Karena tidak ada pertemuan antara pebisnis dengan konsumen maka akan sering terjadi penipuan kalau konsumen ataupun calon pebisnis (pemula) kurang pengetahuannnya mengenai seluk beluk bisnis internet.
Sumber :
/search?q=kelebihan-dan-kelemahan-e-business
http://elektroundip2002.files.wordpress.com/2008/02/tugas-1-e-bisnis.pdf

No comments:

Post a Comment