Friday, March 15, 2019

Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara

Pentingnya ideologi dilihat dari fungsi dan peranannya. Makna dan arti ideologi bagi suatu negara/bangsa ialah sesuatu mempunyai fungsi sebagai pandangan hidup dan sebagai petunjuk arah semua dalam kehidupan hidup serta penghidupan bangsa di aneka macam aspek-aspek atau bidang dalam kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. mengenai pengertian ideologi itu sendiri ?...Secara umum, Pengertian Ideologi ialah kumpulan suatu gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan dengan menyeluruh dan sistematis, menyangkut seluruh bidang kehidupan manusia. 

Pentingnya Ideologi Bagi Suatu Negara
Ideologi suatu negara sangat penting alasannya sangat bermakna dalam bagi suatu negara. Pentingnya ideologi bagi suatu negara sanggup disimpulkan dalam beberapa point-point antara lain sebagai berikut... 
  • Negara bisa membangkitkan kesadaran mengenai kemerdekaan, memperlihatkan orientasi mengenai dunia beserta isinya, serta memperlihatkan motivasi usaha untuk mencapai apa yang dicita-citakan.
  • Dengan ideologi nasionalnya suatu bangsa dan negara sanggup berdiri kukuh dan tidak gampang terombang ambing oleh imbas ideologi lain serta dalam menghadapi persoalan-persoalan yang ada. 
  • Ideologi memperlihatkan arah dan tujuan yang terang menuju kehidupan yang di cita-citakan. 
  • Ideologi sanggup mempersatukan orang dari seluruh pandangan hidup atau aneka macam ideologi 
  • Ideologi mempersatukan orang dari seluruh agama 
  • Ideologi mempunyai arti yang penting alasannya bisa mengatasi konflik atau ketegangan sosial 
Indonesia menganut ideologi Pancasila, alasannya pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Pancasila berfungsi sebagai petunjuk arah bagi seluruh rakyat indonesia dalam membentuk sikap, moral, watak, perilaku, tata nilai, etika alasannya Pancasila ialah way of life. Dengan demikian, pancasila selalu terpancar dalam segala tingkah laris dan perbuatan setiap rakyat indonesia. 

No comments:

Post a Comment