Tuesday, February 18, 2020

Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang mudah. Banyak guru yang gencar mencari banyak sekali isu mengenai tips menjadi guru sukses, pindar, cerdas, arif, bijaksana dari media internet. Tak hanya bagi guru pemula, bahkan guru yang menjalani profesi ini selama bertahun-tahun pun masih membutuhkan tips ini, semoga tidak menjadi guru yang terbelakang dan dihindari oleh para siswanya.

Menjadi seorang guru bukanlah profesi yang gampang Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Bukan hanya bahan pelajaran saja yang harus dikuasai oleh setiap guru, melainkan juga pengendalian siswa, pengkondisian kelas, serta kebijaksanaan pekerti yang baik. Guru harus memperbaiki dirinya terlebih dahulu, kalau ingin siswanya pandai dalam pelajaran juga kehidupan sosialnya. Oleh alasannya yaitu itu, seorang guru harus terus berguru menyebarkan dirinya menjadi lebih baik.

Tantangan Menjadi Seorang Guru

Ada suatu slogan mengenai profesi guru, yaitu guru sebagai figur yang digugu dan ditiru. Guru yang digugu artinya segala sesuatu yang disampaikan olehnya selalu dipercaya dan diyakini benar oleh semua siswanya. Kemudian, guru yang ditiru artinya setiap tindakan dan tingkah laris guru menjadi pola bagi semua siswanya. Karena inilah guru harus selalu berhati-hati pada setiap perkataan dan tindakannya.

Selain tantangan tersebut, guru juga dituntut untuk memahami abjad setiap siswanya. Di dunia ini, ada banyak jenis abjad manusia, begitu pula dengan siswa. Banyaknya siswa dengan banyak sekali abjad yang berbeda sering menciptakan seorang guru kewalahan untuk menggali dan mengenali abjad siswanya. Sehingga hal ini menjadi tantangan terbesar bagi seorang guru.

Tips Menjadi Guru Sukses, Pintar, Cerdas, Arif, Bijaksana

Seorang guru dikatakan sukses bukan alasannya yaitu gajinya yang besar, melainkan alasannya yaitu keberhasilannya menghadapi segala tantangan dalam menjalankan profesinya. Selain pandai dalam menguasai bahan pelajaran, guru juga harus cerdas dalam menghadapi segala situasi dan kondisi, serta akil dan bijaksana dalam bersikap dan bertindak. Ada beberapa tips menjadi guru yang sukses, pintar, cerdas, akil dan bijaksana, yaitu sebagai berikut.

• Sebelum mengajar, sebaiknya guru menyiapkan bahan bimbing dengan sebaik-baiknya. Gunakanlah media berguru yang menyenangkan, semoga siswa tidak jenuh dan sanggup memahami bahan dengan baik.

• Tingkatkan komunikasi dengan setiap siswa untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman mereka, apa yang mereka sukai dan tidak, atau permasalahan apa yang sedang mereka hadapi.

• Hubungkanlah bahan bimbing dengan kehidupan sehari-hari mereka, semoga mereka mengetahui manfaat mempelajari bahan tersebut. Sambil menjelaskan teori, selipkanlah nilai spiritual, norma, etika, emosional semoga mereka mempunyai kebijaksanaan pekerti yang baik.

• Setiap proses pembelajaran sebaiknya diberikan penilaian yang mendalam untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman para siswa. Selain itu, berikanlah penghargaan sederhana dengan mengucapkan “selamat” atau “terimakasih” kepada para siswa, dikarenakan telah menjalani pembelajaran dengan baik.

Menjadi seorang guru memang harus selalu berguru semoga sanggup bermetamorfosis lebih baik lagi. Guru harus terus memperkaya informasi, pengetahuan, dan kebijaksanaan pekertinya semoga bisa menjadi figur yang digugu dan ditiru.

Dengan menerapkan beberapa tips menjadi guru sukses, pintar, cerdas, arif, bijaksana dibutuhkan sanggup mempermudah guru dalam menghadapi banyak sekali tantangan profesinya.

No comments:

Post a Comment