Tuesday, February 18, 2020

Tips Menghilangkan Kantuk Dikala Belajar

Kewajiban siswa yaitu belajar. Apalagi menjelang ujian, berguru menjadi acara yang sangat penting. Hal ini alasannya yaitu ujian sekolah masih dianggap momok yang angker oleh sebagian besar siswa. Tentunya mereka tidak ingin mendapat nilai jelek. Oleh alasannya yaitu itu berguru dengan sungguh-sungguh yaitu upaya untuk mendapat nilai yang memuaskan. Maksud hati ingin terus berguru namun apa daya kantuk menyerang.
 berguru menjadi acara yang sangat penting Tips Menghilangkan Kantuk Ketika Belajar
Sebenarnya ada beberapa tips menghilangkan kantuk ketika berguru alasannya yaitu hal ini masih menjadi problem yang klasik bagi para siswa. Entah itu ketika berguru di kelas, mendengarkan klarifikasi dari guru di depan, maupun ketika sedang berguru sendiri di rumah. Padahal bersama-sama ingin dapat terus belajar, namun mata ternyata tidak dapat diajak kompromi. Apalagi jikalau banyak bahan yang harus dipelajari, gres membaca beberapa halaman saja sudah mengantuk.

Hal ini memang problem yang sangat umum dan niscaya pernah dialami oleh siapa saja. Namun tentunya hal ini tidak dapat dibiarkan alasannya yaitu dapat mengganggu konsentrasi dan akibatnya hanya sedikit bahan yang terserap. Sebenarnya menghilangkan kantuk dapat dilakukan secara alami dengan tidur yang cukup sehingga tidak bangkit kesiangan. Namun bagi sebagian orang, khususnya yang mempunyai agenda padat, memang terkadang tidak sesederhana itu.

Mengatasi Kantuk Ketika Belajar

Bagi Anda yang benar-benar tidak dapat menerapkan waktu tidur 8-10 jam setiap harinya, tidak perlu berkecil hati. Kantuk masih dapat diatasi dengan beberapa tips berikut :
• Sarapan Pagi
Tidak sarapan menjadikan kurangnya asupan energi dan menjadikan kantuk. Karenanya biasakan sarapan sebelum berangkat sekolah. Namun sarapannya jangan terlalu banyak karbohidrat. Karena jikalau terlalu banyak justru dapat menjadikan kantuk. Lebih baik konsumsi masakan dengan lebih banyak protein.

• Makan Camilan
Cara ini juga sering menjadi salah satu tips menghilangkan kantuk ketika belajar. Memakan masakan ringan memang menciptakan kita terus bergerak ringan dan akibatnya tidak mengantuk. Tentunya hal ini juga perlu diadaptasi dengan kondisi. Karena mustahil memakai cara ini ketika berguru di kelas dan ada larangan untuk makan.

• Hindari Melamun
Usahakan untuk melaksanakan acara ringan, bahkan jikalau di kelas, asumsinya tetap tidak mengganggu pembelajaran. Karena dengan kita membisu dan hanya terdiam justru akan memperparah rasa kantuk. Bisa dengan mencubit diri sendiri, memainkan alat tulis, atau berinteraksi ringan dengan sobat lain.

• Membasuh Muka
Cara ini dapat dipakai jikalau kantuk tetap terasa besar lengan berkuasa sedangkan masih butuh untuk belajar, maka dapat ke toilet untuk membasuh muka dengan air. Hal ini ampuh untuk menghilangkan kantuk dalam waktu cepat. Terutama jikalau membasuh muka dengan air dingin.

• Mendengarkan Musik
Tips ini ibarat memakan camilan, juga perlu diadaptasi dengan kondisi. Misalkan sedang berguru di kelas dan ada larangan untuk mendengarkan musik, maka cara ini tentunya tidak dapat digunakan. Pastikan musik yang didengarkan yaitu musik yang enerjik. Karena jikalau musiknya lembut justru menciptakan Anda semakin tertidur pulas. Bisa juga sambil bernyanyi sesekali alasannya yaitu dengan begitu kantuk akan semakin hilang.

Itulah tips menghilangkan kantuk ketika belajar yang cukup sederhana untuk diterapkan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment