Tuesday, February 18, 2020

Penting! Inilah Jenis-Jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Ketahui Dan Tingkatkan

Pada dasarnya, semenjak lahir insan telah mempunyai kebijaksanaan dan kecerdasan, sehingga disebut sebagai makhluk paling tepat daripada makhluk hidup lainnya. Ada banyak jenis-jenis kecerdasan yang harus kita ketahui biar kita sanggup menyebarkan dan meningkatkannya. Sebab, jikalau kita ingin menjadi insan yang berkembang dengan lebih baik, maka kita harus mengasah kecerdasan kita.

 semenjak lahir insan telah mempunyai kebijaksanaan dan kecerdasan Penting! Inilah Jenis-jenis Kecerdasan Yang Harus Kita Ketahui dan Tingkatkan

Mengenal Jenis-jenis Kecerdasan

Kecerdasan yakni kemampuan dasar insan untuk melaksanakan tindakan-tindakan yang mempunyai tujuan dan berpikir secara rasional untuk menghadapi segala situasi dalam hidup. Menurut aneka macam penelitian, ada banyak sekali jenis kecerdasan yang dimiliki setiap manusia. Namun, secara umum ada 4 jenis kecerdasan yang sangat perlu kita ketahui dan tingkatkan, yaitu sebagai berikut.

1. Kecerdasan intelektual

Kecerdasan intelektual (Intelligence Quotient atau IQ), pada umumnya digambarkan sebagai kemampuan otak kanan secara kognitif. Kecerdasan ini meliputi kemampuan menalar, merencanakan, menganalisis, memecahkan masalah, memakai bahasa, bahkan memvisualisasikan sesuatu.

2. Kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional (Emotional Quotient atau EQ), pada umumnya digambarkan sebagai kemampuan otak kiri yang meliputi kemampuan pengendalian dan kesadaran diri, kepekaan sosial, tenggang rasa dan komunikasi secara baik dengan orang lain.

3. Kecerdasan spiritual

Kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient atau SQ), berasal dari diri dan jiwa seseorang, yang meliputi pemahaman akan makna dan nilai kehidupan.

4. Kecerdasan moral

Kecerdasan moral (Moral Quotient atau MQ), yakni kemampuan untuk membedakan sesuatu yang benar dan salah menurut dogma yang berpengaruh akan watak dan menerapkannya dalam tindakan.

Cara Meningkatkan Setiap Jenis Kecerdasan

Informasi mengenai jenis-jenis kecerdasan yang harus kita ketahui memang sangat diperlukan. Karena setiap insan harus mengasah kecerdasan tersebut biar semakin meningkat dan berkembang dengan lebih baik. Dengan demikian, kita bisa menjadi seseorang yang mempunyai kegunaan bagi diri sendiri dan orang lain, serta sanggup mencapai kesuksesan. Berikut cara meningkatkan kecerdasan yang telah kita miliki.

1. Kecerdasan intelektual sanggup ditingkatkan dengan mendengarkan musik, berguru membaca secara cepat, memotivasi diri untuk selalu optimis, menghilangkan rasa malas, serta menyebarkan keterampilan otak dengan bermain puzzle, tebak kata, dan lain-lain;

2. Kecerdasan emosional sanggup ditingkatkan dengan mengurangi prasangka buruk, berlatih tetap damai biar tidak stres, berlatih mengekspresikan emosi, bersikap proaktif dikala berhadapan dengan seseorang yang memancing emosi, serta berusaha bangun dari kesulitan.

3. Kecerdasan spiritual sanggup ditingkatkan dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta, berpikir dari sudut pandang yang berbeda, merenungkan hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya, bersikap rendah hati dan membantu makhluk hidup lainnya.

4. Kecerdasan moral sanggup ditingkatkan dengan menyebarkan perilaku empati, menumbuhkan hati nurani, menumbuhkan pengendalian diri, menyebarkan perilaku menghormati orang lain, menyebarkan perilaku toleransi, keadilan dan kebaikan.

Dengan menerapkan aneka macam cara di atas, maka kecerdasan yang telah kita miliki semenjak lahir akan semakin berkembang dan mempunyai kegunaan dalam menghadapi aneka macam problem hidup. Dengan demikian, kita bisa menjadi langsung yang lebih baik dari sebelumnya dan sanggup mencapai kesuksesan.

Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis kecerdasan yang harus kita ketahui dan kembangkan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment