Tuesday, February 18, 2020

Sederhana Namun Terbukti Berhasil! Cara Sukses Mengajarkan Al Qur'an Pada Siswa

Bagi seorang guru yang mengajar di sekolah Islam, sangat perlu untuk mencari info mengenai cara sukses mengajarkan Al Qur'an pada siswa. Sebab, mengajar Al Qur'an sama ibarat mengajar bahasa Indonesia, namun sedikit lebih sulit alasannya ialah huruf-huruf yang dipergunakan ialah huruf arab yang abnormal bagi anak didik yang gres mempelajarinya. Sehingga, guru harus mencari cara sederhana mengajarkan Al Qur'an biar siswa gampang memahaminya.

Bagi seorang guru yang mengajar di sekolah Islam Sederhana Namun Terbukti Berhasil! Cara Sukses Mengajarkan Al Qur'an Pada Siswa

Pentingnya Belajar Al Qur'an Bagi Siswa

Sebagai seorang muslim, wajib hukumnya untuk sanggup membaca dan mengamalkan anutan Al Qur'an. Sebab, Al Qur'an ialah pedoman hidup bagi semua umat muslim di seluruh dunia. Jika tidak memahami anutan Al Qur'an maka umat muslim akan tersesat dengan melaksanakan banyak sekali kesalahan dan dosa. Untuk itu, semenjak dini seorang siswa harus diajarkan Al Qur'an oleh guru maupun orang tuanya.

Memang bagi seorang siswa yang gres mempelajari Al Qur'an akan sedikit kesulitan alasannya ialah huruf yang dipakai kurang familiar, yaitu huruf arab. Sehingga, seorang guru harus mencari banyak sekali cara dan metode biar sanggup mengajarkan siswanya Al Qur'an dengan baik. Namun, guru tak perlu risau alasannya ialah kesulitan tersebut. Sebab, setiap hal yang ditempuh demi mengajarkan Al Qur'an akan mendapat pahala dan banyak sekali kebaikan dalam hidup.

Cara Sukses Mengajarkan AlQuran Pada Siswa

Ada beberapa cara sederhana yang sukses diterapkan dalam mengajarkan Al Qur'an pada siswa. Yang pertama ialah mengajarkan menulis dan membaca huruf arab dasar. Sama ibarat mengajarkan huruf aksara pada umumnya, seorang guru sanggup memulainya dengan menuliskan huruf arab dasar di papan tulis dan membacanya secara jelas. Kemudian, guru meminta siswa untuk menirukannya dan menulis pada buku mereka.

Kedua, sesudah mereka bisa membaca dan menulis huruf arab dasar, selanjutnya ialah mengajarkan rangkaian bacaan dari huruf arab dasar tersebut ibarat yang ada pada iqro. Mulailah dengan mengajarkan iqro jilid pertama, hingga siswa bisa mempelajari dan mengikutinya. Kemudian kalau siswa sudah hafal dan lancar membaca dan menulisnya, lanjutkan mengajarkan iqro jilid kedua hingga jilid keenam pada siswa.

Ketiga, sesudah siswa berhasil menuntaskan semua jilid dalam iqro dan lancar membacanya, lalu ajarkanlah mereka untuk membaca Al Qur'an sambil mempelajari terjemahannya. Hal ini sangat dibutuhkan biar mereka mengetahui makna dibalik surat-surat Al Qur'an yang dibacanya, sehingga sanggup mengamalkannya pada kehidupan sehari-hari mereka. Jangan lupa juga untuk menjelaskan maksud dari terjemahan kalimat tersebut pada siswa, biar mereka tidak salah menafsirkannya.

Demikianlah cara sederhana yang telah terbukti sukses untuk mengajarkan Al Qur'an pada siswa dari yang tidak mengetahui apapun hingga sanggup memahaminya. Sebelum mengajar, sebaiknya anda juga mempelajari kebenaran kalimat yang akan anda sampaikan kepada para siswa, untuk menghindari penerjemahan yang berbeda oleh siswa. Sehingga, anda sangat perlu untuk memperbanyak info mengenai cara sukses mengajarkan Al Qur'an pada siswa.

No comments:

Post a Comment